Sabtu, 30 April 2011

Fungsi Database


Basis data (bahasa Inggris: database), atau sering pula dieja basisdata, adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS). Sistem basis data dipelajari dalam ilmu informasi. Istilah "basis data" berawal dari ilmu komputer. Meskipun kemudian artinya semakin luas, memasukkan hal-hal di luar bidang elektronika, artikel ini mengenai basis data komputer. Catatan yang mirip dengan basis data sebenarnya sudah ada sebelum revolusi industri yaitu dalam bentuk buku besar, kuitansi dan kumpulan data yang berhubungan dengan bisnis. Konsep dasar dari basis data adalah kumpulan dari catatan-catatan, atau potongan dari pengetahuan. Sebuah basis data memiliki penjelasan terstruktur dari jenis fakta yang tersimpan di dalamnya: penjelasan ini disebut skema. Skema menggambarkan obyek yang diwakili suatu basis data, dan hubungan di antara obyek tersebut. Ada banyak cara untuk mengorganisasi skema, atau memodelkan struktur basis data: ini dikenal sebagai model basis data atau model data. Model yang umum digunakan sekarang adalah model relasional, yang menurut istilah layman mewakili semua informasi dalam bentuk tabel-tabel yang saling berhubungan dimana setiap tabel terdiri dari baris dan kolom (definisi yang sebenarnya menggunakan terminologi matematika). Dalam model ini, hubungan antar tabel diwakili denga menggunakan nilai yang sama antar tabel. Model yang lain seperti model hierarkis dan model jaringan menggunakan cara yang lebih eksplisit untuk mewakili hubungan antar tabel. Istilah basis data mengacu pada koleksi dari data-data yang saling berhubungan, dan perangkat lunaknya seharusnya mengacu sebagai sistem manajemen basis data (database management system/DBMS). Jika konteksnya sudah jelas, banyak administrator dan programer menggunakan istilah basis data untuk kedua arti tersebut.

FUNGSI – FUNGSI DATA BASE

Microsoft Exel memiliki kelompok fungsi data base yang sederhana khusus di gunakan pada lingkungan data base atau pengolahaan data dalam daftar.Sepintas fungsi – funsi ini mirip dengan fungsi – fungsi stasistik biasa ,namun memiliki kegunaan  yang spesifik untuk menghitung data-data yang sesuai dengan jriteria tertentu yang di berikan.Dengan demikian fungsi-fungsi ini memiliki keistimewaan untuk melakukanb “operasi bersarat”sementara fungsi statistic  melakukan operasi secara umum terhadap sauatu rage.Fungsi-fungsi ini kadang disebut sebagai “d Function”atau “Fungsi D “.

Istilah Database dan Daftar (list)

Excel relase 4 ke bawah mengunakan istilah database untuk menyebutkan susunan data dengan aturan tertentu.sedangkan sejenak excel 5 keatas istilah itu diganti menjadi daftar (list).Sungghpun terjadi perubahan istilah,namun sebenarnya  secara prinsip sama saja.
Perbedaannya hanya pada daftar (list),telah dikembangkan cara query atau pencarian data yang lebih mudah dan otomatis dengan menggunakan auto Filter dan Advanced Filter.


FUNGSI DATA BASE MANAGEMENT SYSTEM (DBMS)
Layanan-layanan yang sebaiknya disediakan oleh database management system adalah:

1. Penyimpanan, pengambilan, dan perubahan data
Sebuah DBMS harus menyediakan kemampuan menyimpan, mengambil, dan merubah data dalam basis data.

2. Katalog yang dapat diakses pemakai
Menyediakan sebuah catalog yang berisi deskripsi item data yang disimpan dan diakses oleh pemakai.
3. Mendukung transaksi
Menyediakan mekanisme yang akan menjamin sebuah perubahan yang berhubungan dengan transaksi yang sudah ada atau yang akan dibuat.

4. Melayani kontrol concurrency
Menyediakan mekanisme yang menjamin basis data terupdate secara benar pada saat beberapa pemakai melakukan perubahan terhadap basis data yang sama secara bersamaan.

5. Melayani recovery
Menyediakan mekanisme untuk mengembalikan basis data ke keadaan sebelum terjasinya kerusakan pada basis data tersebut.

6. Melayani autorisasi
Menyediakan mekanisme untuk menjamin bahwa hanya pemakai saja yang berwenang yang dapat mengakses basis data.

7. Mendukung komunikasi data
Sebuah DBMS harus terintegrasi dengan software komunikasi.

8. Melayani integrity
Bertujuan untuk menjamin sebuah data dalam basis data dan setiap terjadi perubahan data harus sesuai dengan aturan yang berlaku.

9. Melayani data independent
Mencakup fasilitas untuk mendukung kemandirian program dari struktur basis data yang sesungguhnya.

10. Melayani utility
Sebuah DBMS sebaiknya menyediakan kumpulan layanan utility.

Referensi :

2 komentar:

  1. t.x bwt share pngetahuannyaa.... :)

    look n' follow my blog..
    nimbus-sirius.blogspot.com
    ^_^ t.x

    BalasHapus